Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

ALPEN Sultra berpartisipasi dalam program Eliminasi Penyakit Kaki Gajah 2020

Modul Pencegahan Kaki GajahKolaka – Aliansi Perempuan Sulawesi tenggara (ALPEN Sultra) mengikuti dan memonitoring “Pelatihan Kader” di Dinas Kesehatan untuk Penyakit Kaki Gajah (Filariasis) pada lima Puskesmas yang ada di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur.

Penyakit Filariasis ini di sebabkan oleh cacing mikro filaria yang hidup dalam aliran darah manusia dan disebarkan oleh Nyamuk (vektor). Penting nya meminum Obat Filaria untuk memberantas dan memutus rantai penyebaran penyakit ini masih kurang diterima dengan baik oleh masyrakat. Hal ini dikarenakan terbatasnya informasi dan sosialisasi tentang penyebaran, gejala penyakit dan pengobatan yang dapat diketahui oleh masyarakat.

Untuk itulah, ALPEN Sultra sebagai mitra kerja dalam hal ini pendamping DinKes Kabupaten turut berpartisipasi untuk mensukseskan program Eliminasi Penyakit Kaki Gajah 2020 di Indonesia. Program tersebut diimplementasikan dengan adanya Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah setiap bulan oktober semenjak tahun 2015 – 2020 dalam rangka upaya pencegahan bagi penduduk rentan.

Di Indonesia tercatat, 105 juta penduduk tanah air rentan terhadap penyakit kaki gajah yang berada di 241 kabupaten/kota di Indonesia, setelah dilakukan program eliminasi tahun 2002 ternyata hanya menjangkau 46 kabupaten/kota, sisanya 195 kabupaten/kota menjadi sasaran program eliminasi sampai tahun 2020.

Kegiatan ini di dukung oleh RTI-Envision, USAID dan Kementrian Kesehatan RI. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Bapak Camat dimasing-masing kecamatan dan materi disampaikan oleh Dokter Puskesmas. Dinas Kesehatan dan Alpen Sultra juga menyampaikan beberapa hal-hal penting terkait cakupan pelaksanaan program sebagai indikator keberhasilan dalam pelaksanaan program ini setiap tahunnya.

Sumber : Fanpage Facebook ALPEN Sultra

ALPEN Sultra merupakan salah satu anggota Konsil LSM yang telah compliance dengan standar minimal akuntabilitas melalui assesment yang dilakukan tahun 2014. Kenali ALPEN Sultra di sini.

 

 

Leave a Reply