Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

Bagaimana Cara Menyusun Concept Note?

By fundsforngos

 

 

Apakah anda melihat ada kemiskinan di sekitar anda, dan ingin mengatasi hal ini? Anda memiliki ide yang dapat memperkenalkan langkah-langkah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat miskin tersebut? Maka membuat concept note adalah langkah pertama untuk mengimplementasikan ide Anda!!

Untuk membuat concept note, silahkan cari lembaga donor yang memungkinkan untuk mendanai ide tersebut! Hal ini dikarenakan lebih mudah untuk menulis concept note apabila telah mengetahui identifikasi calon donor, hal ini karena beberapa donor meminta concept note dalam format tertentu atau mungkin saja hanya narasi sederhana.

Selain mengikuti template yang sudah ada, berikut adalah struktur standar yang perlu diikuti untuk membuat concept note

  1. Judul

Judul yang menarik dan disukai adalah judul yang pendek akan tetapi memastikan bahwa telah mencakup seluruh ide program yang tidak bertentangan dengan visi ‘calon lembaga donor’

  1. Pendahuluan atau latar belakang

Bagian pertama dari concept note meliputi perkenalan atau latar belakang yang menyebutkan masalah i serta menjelaskan penyebab utama dari masalah-masalah ini. Paragraf ini juga meng highlight –intervensi- untuk mengatasi masalah, apa kesempatan yang kemudian menjadi ide anda.

Hal yang perlu diingat adalah untuk menyebutkan fakta yang anda, melalui data dan referensi. Serta berikan jumlah laki-laki, perempuan maupun anak-anak yang terpengaruh dari situasi yang terjadi. Dengan cara ini, anda telah menunjukan perspektif gender telah terintegrasi dalam program anda sejak level perencanaan.

  1. Tujuan dan Sasaran

Bagian kedua dalah tujuan dan sasaran, tujuan adalah dampak jangka panjang seperti “mengurangi kemiskinan” atau “meningkatkan tingkat kehidupan manusia”.

Sedangkan sasaran harus spesifik, dan akan lebih baik apabila menyebutkan angka. Misalnya, 100 perempuan akan memiliki akses baru terhadap sumber enegi bagi kehidupan.  Hal yang perlu diingat untuk membatasi sasaram, karena semakin sedikit sasaran berarti semakin praktis pendekatan yang akan digunakan.

  1. Hasil yang diharapkan

Bagian ini secara singkat akan menganalisa hasil dari program/kegiatan Anda. Anda dapat menyebutkan hasil-hasil yang dapat dicapai program/kegiatan ini selama periode berlangsung. Misalnya, 100 rumah tangga berhasil meningkatkan pendapatan dari pertanian. Lagi-lagi, seperti pada bagian sebelumnya hal yang sangat penting adalah ketersediaan angka untuk menceritakan hasil yang diharapkan.

  1. Inovasi

Bagian terpisah tentang inovasi juga diperlukan untuk menjelaskan keunikan program/kegiatan akan sangat berguna. Donor akan sangat tertarik untuk melihat nilai baru yang akan ditambahkan dalam program ini. Meskipun biasanya beberapa concept note tidak memiliki bagian ini, tetapi apabila anda memasukan bagian ini, dapat memberikan dampak positif terutama terhadap lembaga donor.

  1. Anggaran

Bagian terakhir dari concept note adalah anggaran, meskipun analisa detil tidak diperlukan,. Alasan rasional dari permintaan sejumlah uang untuk mengeksekusi program perlu disebutkan. Anda dapat memberikan  item-tem yang diperlukan secara umum (tidak lebih dari enam item). Kontribusi yang anda dapatkan dari organisasi anda ataupun lembaga lainnya juga dapat disebutkan pada bagian ini.

Dalam penyusunan anggaran bukan hanya menjelaskan pengeluaran dari uang yang anda dapatkan, akan tetapi meyakinkan donor bahwa anda memberikan nilai terhadap uang yang diberikan oleh donor, atau dalam kata lain menjelaskan program dalam terminologi keuangan.

Leave a Reply