Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

BersamaBerdaya.com, Konsil LSM Segera Luncurkan Situs Web Crowdfunding

Ilustrasi Tampilan BerdayaBersama.com Sumber: Basic Ludo

Ilustrasi Tampilan BerdayaBersama.com
Sumber: Basic Ludo

Semakin canggihnya perkembangan teknologi informasi memaksa setiap orang harus membuat inovasi dalam untuk mendukung kegiatannya, diantara inovasi tersebut adalah tren penggalangan donasi melalui sebuah situs web atau yang dikenal sebagai situs web crowdfunding.

Terinspirasi dengan populernya kegiatan berdonasi melalui  situs internet, Konsil LSM Indonesia tengah membangun sebuah situs web crowfunding yang dengan nama BersamaBerdaya.com. Kata Bersama Berdaya dipilih dengan filosofi bahwa sebuah beban berat akan menjadi ringan jika dilakukan secara Bersama-sama, sedangkan berdaya adalah gerakan untuk bersama-sama saling memberdayakan satu sama lain.

Prinsip dam dengan situs web crowdfunding lainnya adalah, situs tersebut nantinya tidak dapat sepenuhnya diakses oleh masyarakat umum untuk mengajukan sebuah proyek pendanaan. Selain itu, melalui fitur khusus didalam situs web, pihak yang telah mendonasikan uangnya di berdayabersaa.com dapat memantau penggunaan uang yang telah didonasikan melalui berdaya.ebrsama.com, hal ini disadari merupakan masalah penting dalam menjaga kepercayaan donatur, terlebih Konsil LSM adalah lembaga yang mengkampanyekan transparansi dan akuntabilitas.

Pada rencana awal, situs web bersamaberdaya.com hanya dapat memfasilitasi LSM yang sudah menjadi anggota dari Konsil LSM Indonesia yang saat ini berjumlah 106 untuk mengajukan proyek pendanaan. Dengan berbagai latar belakang isu dan spesialisasi fokus kegiatan yang dimiliki LSM yang menjadi anggota Konsil LSM Indonesia yang tersebar di beberapa propinsi di Indonesia, hal tersebut sudah menjadi bekal yang cukup untuk memulai sebuah platform pendanaan program atau proyek yang berbasis situs web crowdfunding.

Saat ini situs web bersamaberdaya.com sedang dalam proses pembangunan oleh tim Konsil LSM Indonesia bersama tim kontraktor dan konsultan IT, ditargetkan segera launching pada Oktober 2017 mendatang. Sebelum launching,  Konsil LSM Indonesia akan mengadakan kegiatan pelatihan bagi LSM anggota Konsil LSM Indonesia dalam optimalisasi pemanfaatan bersamaberdaya.com, dan tahapan selanjutnya akan diadakan konferensi pers untuk menandai peluncuran secara resmi situs bersamaberdaya.com

Leave a Reply