Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

KADIN : BersamaBerdaya Harus Mendorong Kemitraan antara Bisnis dan LSM

 

Sumber. Viva.co.id

Jakarta,  Konsil LSM Indonesia – Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Siddharta Moersjid menyampaikan harapannya agar situs BersamaBerdaya.com yang diinisiasi oleh Konsil LSM Indonesia dapat menjembatani kemitraan yang baik antara Perusahaan dan LSM di Indonesia. Menurut Siddharta, dibandingkan dengan CSR, konsep kemitraan antara LSM dan Perusahaan belum terlalu populer, paradigma tersebut sudah harus dirubah, CSR saat ini lebih menekankan peran perusahaan dalam kegiatan sumbangan dan charity, sedangkan kemitraan menurutnya kerjasama implementasi program dengan indikator-indikator tertentu dan menempatkan LSM dan perusahaan pada derajat yang sama. Pendapat tersebut disampaikan oleh Siddharta saat menghadiri acara diskusi kemitraan LSM  dan Perusahaan dan peluncuran situs penggalangan dana BersamaBerdaya 16 januari 2018 di Demang Café and Lounge, Jakarta Pusat.

Namun Siddharta menambahkan, menerapkan konsep kemitraan antara perusahaan dan LSM di Indonesia masih sulit dan banyak tantangan yang harus dihadapi, banyak perusahaan enggan untuk menjalin kerjasama dengan LSM, terutama karena citra yang buruk dan minimnya akuntabilitas LSM, “…bagi kami ini adalah hal yang bagus, Konsil LSM Indonesia dengan platform akuntabilitas-nya menghadirkan sarana pendanaan bagi LSM-LSM yang sudah memenuhi standar akuntabilitas” ungkap Siddharta.

Diakui oleh Direktur Eksekutif Konsil LSM Indonesia, Serlyeti Pulu kepercayaan terhadap LSM masih sangat rendah, berdasarkan survey terakhir kepercayaan publik terhadap LSM lebih rendah dibandingkan dengan institusi-institusi negara yang kerap diberitakan terjerat perkara korup.  “…data Kementerian Hukum dan HAM, terdaftar lebih dari 2 juta LSM di Indonesia, namun dari daftar tersebut hanya tiga ratus ribuan yang baik, terindikasi tidak baik”.

Serlyeti Pulu menjelaskan bahwa Konsil LSM Indonesia bertujuan mengkampanyekan prinsip akuntabilitas bagi LSM-LSM di Indonesia, namun sangat disayangkan sekali LSM-LSM yang baik ini jutru kesulitan pendanaan dalam mendukung kegiatan LSM tersebut. Berangkat dari kondisi tersebutlah Konsil LSM Indonesia menghadirkan BersamaBerdaya.com sebagai platfrom penggalangan dana melalui internet yang dikhususkan bagi anggota-anggota Konsil LSM Indonesia yang sudah memenuhi Standar Minimal Akuntabilitas (SMA). BersamaBerdaya.com hanya memfasilitasi LSM yang sudah Comply SMA untuk dapat mengajukan proyek sebagai alternatife pendanaan, kedepan harapan Konsil LSM Indonesia, menjadikan BersamaBerdaya.com sebagai market place donasi yang menghubungan antara LSM-LSM yang akuntable dengan berbagai proyeknya kepada para donatur.

FR.

Leave a Reply