Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

Laporan Kerja Sama dengan Ford Foundation 2015

Pencapaian penting dalam tahun ini adalah diterbitkannya Buku standar minimal akuntabilitas LSM dan peluncuran hasil assessment tingkat akuntabilitas anggota Konsil LSM, pada bulan April 2015. Kehadiran buku ini disambut antusias oleh banyak pihak, baik kalangan LSM Indonesia, maupun pemerintah dan swasta

Selain itu aktivitas-aktivitas yang dilakukan adalah:

  1. Mengembangkan Konsil LSM sebagai pusat informasi dan referensi bagi pemerintah, sektor privat, donor, dan LSM-LSM lainnya terkait level transparansi dan akuntabilitas LSM di Indonesia.
  2. Mengedukasi pemerintah tentang kebutuhan untuk mengeluarkan kebijakan terkait mekanisme transparansi dan akuntabilitas LSM yang menerima dukungan dari anggaran pemerintah atau perusahaan swasta, maupun ketika menjadi mitra dalam program pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat.
  3. Menilai tingkat transparansi dan akuntabilitas LSM, dan hasil penilaian tersebut dapat diakses oleh pemerintah, donor, serta masyarakat umum.
  4. Memberikan peningkatan kapasitas bagi LSM-LSM untuk meningkatkan tingkat transparansi dan akuntabilitas mereka serta kemampuan mereka dalam mengelola dana dari sektor privat, pemerintah serta masyarakat secara umum.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan klik, di Laporan Kerja Sama Konsil LSM – Ford Foundation 2015.

Leave a Reply