Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

Launching Jurnal Akuntabilitas di Makassar

Launching Jurnal Akuntabilitas yang diterbitkan oleh Konsil LSM Indonesia dilaksanakan di Makassar, 17 Desember 2012. Launching Jurnal akuntabilitas ini dimaksudkan untuk memberikan kualitas layanan lembaga yang bekerja langsung dengan masyarakat, yang didalamnya termasuk NGO dan perusahaan melalui pengelolaan program corporate social responsibility (CSR). Untuk itu kinerja NGO dan perusahaan dituntut untuk senantiasa memperbaiki kinerja dan tata kelolanya melalui pertanggungjawaban publik.

Narasumber dalam acara ini adalah Meuthia Ganie-Rochman Ph.D (peneliti senior Lab Sosio – Departemen Sosiologi FISIP UI) dan Dr. Hamid Paddu (akademisi Universitas Hasanuddin), sedangkan moderator diskusi adalah Edi Ariyadi. Sejumlah LSM di Sulawesi Selatan, perusahaan, pemerintah, dan akademisi hadir sebagai peserta.

Satu point penting dalam isu tersebut adalah partisipasi, serta akuntabilitas LSM yang akan diuji melalui publik. Hal itu sangat penting guna memastikan agar lembaga-lembaga tersebut bekerja secara profesional dan terpercaya terhadap orang yang dilayani.

Sebelum forum akuntabilitas ini dilakukan, malam sebelumnya (16/12) berlangsung diskusi antara Meuthia Ganie-Rochman dengan aktivis LSM Sulawesi Selatan untuk memahami lebih jauh tentang akuntabilitas, khususnya tentang ISO 26000.*

Leave a Reply