Kebebasan Berorganisasi adalah HAK, Akuntabilitas adalah Kewajiban

Mari Bercerita untuk Penggalangan Dana

tell them your story - advice in isolated vintage wood letterpress printing blocks

Cerita adalah cara yang kuat dalam mendefinisikan pembangunan manusia, budaya, dan tradisi. Cerita memiliki kemampuan untuk memikat dan memotivasi sikap manusia. Dengan alasan inilah, anak-anak dikenalkan pada cerita dari sejak usia dini. Cerita merupakan komunikasi yang efektif dan disukai oleh orang-orang di berbagai kalangan.

Tim marketing di perusahaan menggunakan cerita untuk mengiklankan produk mereka, dengan menyentuh hati para pelanggan mereka. Kenapa LSM tidak melakukan hal serupa? Betul, bahwa kerja utama LSM adalah untuk menolong orang lain dan bukan menulis cerita. Tetapi, bukankah kamu harus mempublikasikan cerita-cerita kerja LSM anda dan menjadi cerita sukses sehingga seluruh dunia tau apa yang Anda lakukan? LSM yang sukses dalam menggunakan cerita tidak hanya sebagai bentuk promosi tetapi juga mengintegrasikan hal tersebut sebagai cara penggalngan dana.

Untuk menjadikan cerita yang mudah diingat dan memiliki dampak dibutuhkan suatu alur cerita, elemen-elemen kunci agar cerita menjadi efektif untuk penggalangan dana.

  1. Protagonis : Tokoh yang menjadi pahlawan dalam cerita, bisa seseorang, komunitas, ataupun organisasi. Anda bisa memilih salah satu penerima manfaat dari LSM Anda dan menjadikan dia sebagai tokoh protagonis.
  2. Antagonis/Konflik : Dalam satu cerita, tokoh antagonis adalah tokoh yang jahat, dalam kasus kerja-kerja LSM, antagonis bisa berhubungan dengan situasi negatif yang ada di area tersebut dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi tokoh protagonis
  3. Resolusi : Hanya jika ada solusi dalam masalah tersebut, baru cerita yang dipaparkan bermakna. Pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana aksi-aksi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah.
  4. Transformasi : Bagian ini akan menunjukan perubahan sebagai hasil yang dicapai setelah intervensi terjadi. Kebanyakan donor ingin mengetahui bagaimana dana yang diberikan dapat berdampak kepada para penerima manfaat atau kepada masyarakat.

Penggalangan dana dengan menggunakan cara bercerita keanak-anak memiliki karakter-karakter yang nyata; dengan masalah dan solusi yang nyata yang ditampilkan dengan gambar dan gaya yang menarik. Menjadi master dalam bercerita; dan menggalang dana!

Sumber : Funds For NGOs

Leave a Reply