Peresmian KPMM sebagai Perwakilan Konsil LSM Indonesia

by admin
0 comment

Untuk memperluas gerakan akuntabilitas LSM, khususnya di Provinsi Sumatera Barat, pada 27 Desember 2012, Konsorsium Pengembangan Masyarakat Madani (KPMM) diresmikan sebagai perwakilan Konsil LSM Indonesia. Peresmian dilakukan oleh Rustam Ibrahim, Ketua Komite Pengarah Nasional Konsil LSM Indonesia di Padang.

Upaya untuk Memulihkan Kepercayaan Publik terhadap LSM
Acara peresmian diawali dengan seminar dan diskusi tentang Konsil LSM Indonesia, serta peran perwakilan Konsil. Bertindak sebagai pembicara adalah Rustam Ibrahim. Selain Anggota Konsil di Sumatera Barat, yang juga hadir pada acara ini adalah pengelola media massa, civitas academica/perguruan tinggi, wakil pemerintah dan sektor swasta, serta LSM dan ormas yang ada di Sumatera Barat.

Setelah acara peresmian, acara dilanjutkan dengan perumusan program Perwakilan Konsil. Kegiatan ini dipandu oleh dua orang fasilitator, yakni Syafrizaldi dan Muthia Ulfa, hingga Jumat, 28 Desember 2012. Kegiatan perumusan program hanya dihadiri oleh Anggota Konsil di Sumatera Barat.

Penyusunan program menghasilkan Outcome: (a) optimalnya fungsi KPMM sebagai Perwakilan Konsil LSM Sumatera Barat;
(b) tersedianya sumber-sumber pendanaan bagi Anggota Konsil LSM Perwakilan Konsil LSM Sumatera Barat dari APBD, Perusahaan dan Publik; (c) meningkatnya kepercayaan para pihak (masyarakat, lembaga privat, pemerintah dan donor) terhadap Anggota Konsil LSM Sumatera Barat

Output yang akan dicapai dalam program tersebut adalah:
1. meningkatnya layanan KPMM sebagai Perwakilan Konsil LSM Sumatera Barat terhadap lembaga Anggota Konsil LSM;
2. adanya kerja bersama antar lembaga Anggota Konsil LSM;
3. terbentuknya forum multistakeholder antara pemerintah daerah, DPRD, perguruan tinggi, perusahaan dan KPMM untuk meningkatkan jaringan kerja, advokasi dan pendanaan;
4. terlaksananya program bersama antara Anggota Perwakilan Konsil LSM dengan perusahaan;
5. meningkatnya performance dan akuntabilitas KPMM dan Anggota Konsil LSM di Sumatera Barat;
6. meningkatnya posisi tawar anggota Perwakilan Konsil LSM Sumatera Barat terhadap para pihak.

KPMM adalah organisasi jaringan LSM yang berdiri pada tahun 1999. KPMM berkomitmen untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas LSM yang saat itu sedang jatuh di mata publik serta para pemangku kepentingan lainnya. KPMM berupaya menggalang solidaritas dan komitmen di antara LSM-LSM di Padang untuk memperkuat aspek internal organisasi masing-masing, dengan meningkatkan penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Perbaikan dari internal organisasi ini diharapkan dapat memulihkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap LSM sebagai kekuatan gerakan sosial.

Dalam upayanya untuk menggalang solidaritas dan komitmen LSM-LSM di Sumbar, KPMM dan lembaga anggotanya juga turut dalam mendirikan Konsil LSM Indonesia. Sejak 2010, KPMM dan hampir semua lembaga anggotanya juga ikut menjadi anggota Konsil LSM Indonesia, yakni PKBI Sumbar, P3SD, Totalitas, LP2M, Kabisat Indonesia, Paham Sumbar, Garda Era, SCEDEI dan Pusaka. Pada November 2012, KPMM dan lembaga anggotanya sepakat untuk mengambil peran sebagi perwakilan Konsil LSM Indonesia Provinsi Sumatera Barat.

Setelah kegiatan penyusunan program Perwakilan Konsil LSM Indonesia Provinsi Sumatera Barat acara diakhiri dengan membuat beberapa rencana tindak lanjut.*

related posts

Leave a Comment