Konsil LSM Indonesia Audiensi dengan Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum (LKPP) RI

by Admin Konsil LSM Indonesia
0 comment

Konsil LSM Indonesia mewakili konsorsium LinkLSM Indonesia (Konsil LSM Indonesia, AKATIGA, SEKNAS FITRA, dan YASMIB),  sedang mengembangkan konsep database LSM yang disebut LinkLSM Indonesia. Konsep ini merupakan bagian dari akselerasi implmentasi Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang tentang Pengadaan Barang dan Jasa, khususnya terkait kemitraan Swakelola Tipe-III. Mendorong terciptanya partisipasi LSM dalam pembangunan negara, Direktur Konsil LSM Indonesia, bersama mitra LinkLSM mengadakan audiensi virtual dengan Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum untuk menyapaikan bahwa LSM juga memiliki kompetensi dan kapasitas dalam partisipasinya merelaisasikan program pemerintah melalui mekanisme Swakelola Tipe-III.

Direktur Ekselutif Konsil LSM Indonesia, Misran Lubis menyampaikan bahwa saat ini Konsil LSM Indonesia bersama mitra konsorsium Link LSM Indonesia sedang menyusun sebuah database LSM yang akuntabel, kredible dan kompeten, kedepan melalui LinkLSM baik pemerintah maupun swasta dapat mengakses data mengenai LSM. “Jadi ibaratkan, kalau ada black list, maka di platform LinkLSM ini adalah White List LSM-LSM yang bersih, akuntabel, dan profesional.”

Ervyn Kaffah, perwakilan dari Fitra menerakangkan pengalaman Fitra di daerah, dimana dalm masa pandemi Covid-19 ini, pemda-pemda mendorong pelibatan partisipasiLSM dalam akslerasi penanggulangan COVID-19, dari hal ini saja sudah terlihat potensi bahwa database LSM itu sangat penting, dan dapat menjadi referensi pemerintah baik pusat ataupun daerah terkait LSM yang akuntabel dan kredibel. “…Ini sebetulnya related sekali dengan ide dasar Link LSM”.

Fadli Arif, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP

Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP, Fadli Arif menyampaikan bahwa LKPP mendukung ide dari Konsorsium LinkLSM dalam upaya terlibat dalam proses pengadaan yang dilakukan pemerintah. Menurutnya juga juga bahwa LinkLSM merupakan ide yang subtantif dalam mendukung kebijakan Swakelola Tipe-III, namun yang perlu ditekankan adalah bagaimana platform ini terintegrasi dengan LKPP.

Sejalan dengan ini, Kepala Seksi Diseminasi Kebijakan Pengadaan Umum LKPP, Seno Haryo Wibowo menerangkan sebetulnya banyak Satker-satker di daerah telah melaksanakan kemitraan dengan LSM dalam pengadaan belanja yang dilakukan oleh pemerintah, pada prinsipnya ini merupakan pelaksanaan Swakelola Tipe-III, namun bagaimana proses terjalin kemitraan dan terlaksananya kegiatan tersebut, itu yang perlu dikembangkan. Semoga dengan LinkLSM ini dapat menjawab kebutuhan akan informasi terkait LSM bagi pemerintah sebelum menjalin kerjasama dengan LSM dalam mekanisme Swakelola Tipe-III.

Audiensi ini merupakan penjajakan awal, yang kedepan dapat ditindaklanjuti hal-hal subtansial yang mendukung akslerasi pelaksanaan swakelola Tipe-III secara transparan dan komprehensif antara pemerintah dan LSM.

related posts

Leave a Comment