HomeRiau Women Working Group (RWWG)

Riau Women Working Group (RWWG)

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perempuan dengan Fokus Program Ekonomi Alternatif Perempuan serta Pendampingan Kelompok Perempuan (untuk IG)

Kontak: Emi Andriati (Direktur) 0813-7131-7863

Riau Women Working Group disingkat RWWG merupakan perubahan nama Kelompok  Diskusi Perempuan (KUDAPAN) yang didirikan pada tanggal 23 Maret 2006 di Pekanbaru. Perubahan nama ini berdasarkan putusan Musyawarah Besar Anggota ke-2 Kelompok  Diskusi Perempuan tanggal 24-25-26 Juli 2009.

Riau Women Working Group adalah sebuah organisasi non-pemerintah berbentuk Perkumpulan. Perkumpulan ini berdiri diawali dari komitmen lima belas (15) orang perempuan yang berasal dari berbagai LSM/NGO dengan berbagai latar belakang isu yang ada di Pekanbaru. Pendiri dan Pengurus dari RWWG pada umumnya masih eksis dan berkarya di lembaganya masing-masing, mempunyai latar belakang isu lembaga yang berbeda-beda seperti Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), Kantor Bantuan Hukum Riau (KBHR), Yayasan Bunga Bangsa (YBB), Yayasan Alam Sumatera (YASA), Yayasan Bahtera Alam (YBA), HAKIKI, Riau Mandiri dan WWF Sumatera dan lain-lain. 

RWWG bergerak berangkat dari begitu banyaknya ketidakadilan terhadap perempuan yang terjadi khususnya di Pekanbaru, Riau, baik di ranah publik maupun domestik, seperti rendahnya partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan, tingginya angka kekerasan terhadap perempuan, tingginya kerusakan lingkungan yang berdampak pada meningkatnya beban kerja perempuan, pemiskinan terhadap perempuan, kesehatan reproduksi perempuan, marginalisasi dan lain-lain.