HomeYayasan SatuNama

Yayasan SatuNama

Kontak: I Gede Edy Purwaka (Deputi Direktur) – 08122701438

IG  https://www.instagram.com/yayasansatunama/?hl=id

SATUNAMA adalah sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan, advokasi, dan pelatihan. Organisasi yang secara formal berdiri pada tanggal 25 Maret 1998 ini awalnya merupakan bagian dari Unitarian Service Committee Canada yang mulai bekerja di Indonesia sejak tahun 1975. Pada saat masih menjadi bagian USC Canada, program-program awal lembaga lebih banyak ke arah layanan kemanusiaan seperti menyumbang untuk panti asuhan, penderita lepra, dan orang jompo. Dengan demikian, SATUNAMA memiliki pengalaman mengelola program karitatif, advokasi, pemberdayaan dan pembangunan masyarakat.

Dalam rangka memperkuat organisasi rakyat miskin dan tersingkir, SATUNAMA melakukan pendampingan terhadap para pengusaha kecil dengan program pelatihan manajemen usaha kecil, pembuatan rencana bisnis, dan pengelolaan kredit. Di beberapa daerah, dalam rangka membangun solidaritas rakyat miskin, SATUNAMA memfasilitasi pembentukan koperasi rakyat yang bertujuan membantu pemasaran produk anggotanya. Koperasi rakyat ini juga memberikan pinjaman sehingga anggota bisa mengembangkan usahanya.

Untuk mendekati warga di desa dampingan, SATUNAMA membuat perpustakaan keliling untuk anak-anak. Perpustakaan keliling berusaha mengajak anak-anak untuk menyukai membaca melalui koleksi 9000 kopi buku anak dan 60 keping film. 

SATUNAMA juga menggunakan radio untuk membuka wawasan masyarakat mengenai nilai-nilai HAM dan demokrasi di lingkup yang lebih luas. SATUNAMA juga menerbitkan buletin sebagai bagian dari pendidikan publik mengenai demokrasi.