Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba

Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba

Penerbit:Bina Integrasi Edukasi
Penulis:Pahala Nainggolan
Penyunting:
Tahun Terbit:2012
Halaman/Deskripsix+164; 25 cm
ISBN:

Secara substantif, pengelolaan keuangan lembaga non-profit memiliki keunikan tersendiri. Secara substantif pula, terdapat perbedaan-perbedaan apabila dibandingkan dengan aspek keuangan sektor komersial dan pemerintah. Dalam kondisi tersebut, masih terbuka luaslah ruang bagi aplikasi teori-teori keuangan.

Satu kendala yang dialami lembaga non-profit, khususnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), adalah keterbelakangan dalam hal pengelolaan keuangan bila dibandingkan dengan pemerintah dan swasta. Minimnya literatur atau bahan pengajaran dan tulisan-tulisan yang secara spesifik membahas pengelolaan keuangan lembaga non-profit menjadi faktor yang memperberat kendala tersebut.

Akibat yang kemudian timbul adalah sulitnya mengukur transparansi dan akuntabilitas lembaga non-profit di Indonesia. Ketidakpedulian masyarakat dan pemerintah tentang infrastruktur kebijakan untuk memandu lembaga non-profit, ditambah dengan lemahnya kemampuan teknis para praktisi lembaga menjadikan transparansi dan akuntabilitas barang langka. Ketika publik meminta transparansi dan akuntabilitas, jarang lembaga non-profit di Indonesia dapat memenuhinya. Padahal, masyarakat menyimpan potensi sumber pendanaan yang luar biasa bagi lembaga non-profit.

Buku ini diharapkan dapat menyumbang sedikit bagi penguatan aspek keuangan dari LSM dan lembaga nirlaba sejenis. Dengan adanya tambahan literatur, diharapkan lembaga non-profit dapat berkembang dan sejajar dengan sektor bisnis dan pemerintahan, terutama dapat menjawab tuntutan akan profesionalisme lembaga yang diminta masyarakat.

YBIE sendiri, sebagai penerbit buku ini, sudah dan sedang memberikan pendampingan kepada lebih dari 150 lembaga non-profit di Indonesia untuk peningkatan kapasitas organisasi dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitasnya didukung oleh Ford Foundation, NDI dan MFP 2-Kehati.*

Jika Anda ingin memiliki buku ini, silakan hubungi: 
Kontak Person: Reagen
Telephone: 021-8319282 / 082117771811
E-mail: reagen@integrasi-edukasi.org
Harga: Rp.45.000,-

Share this article

Berita Lainnya

Related articles