Panel Expert Meeting Penyusunan Indeks Keberlanjutan Organisasi Masyarakat Sipil Indonesia 2023

Sejak tahun 2015 sampai dengan 2022, Konsil LSM Indonesia secara regular mengeluarkan Indeks Keberlanjutan Organisasi Masyarakat Sipil (The Civil Society Organization Sustainability Index-CSOSI), dengan menggunakan 7 dimensi, yaitu: lingkungan hukum, kapasitas organisasi, kemampuan finansial, advokasi, penyediaan layanan, infrastruktur sektoral, dan citra publik. Laporan ini disusun secara serentak di lebih dari 74 negara yang difasilitasi oleh The International Center for Not-for-Profit Law (ICNL) dan FHI360 atas dukungan USAID. Namun sejak 2022, Penyusunan Indeks Keberlanjutan OMS di Indonesia tidak dilanjutkan dan diserahkan ke Konsil LSM untuk diadaptasi.

Dokumen Indeks keberlanjutan OMS ini telah dimanfaatkan dan menjadi rujukan dari berbagai pihak untuk melihat situasi OMS di Indonesia. Mengingat pentingnya penyusunan Indeks Keberlanjutan OMS Indonesia ini, Konsil LSM Indonesia bersama Yayasan Penabulu dan Jejaring Lokadaya Nusantara berkomitmen untuk melanjutkan kembali penyusunan Indeks Keberlanjutan OMS Indonesia melalui dukungan dari Program “Strengthen Civic Space and Enhance the Enabling Environment and Capacity of Networked Local CSOs to Promote a Just and Inclusive Green Transition in Indonesia” atau disebut CO-EVOLVE 2 dari Uni Eropa, yang dikelola oleh Yayasan Penabulu.

Proses penyusunan Indeks Keberlanjutan OMS Indonesia dimulai dengan pengumpulan data lapangan melalui online survey, desk research, dan FGD. Data tersebut menjadi data dukung pada Panel expert meeting untuk memberikan penilaian terhadap keberlanjutan OMS Indonesia. Melalui pertemuan panel ahli yang mewakili berbagai sektor terkait, skor akan ditetapkan untuk setiap dimensi. Para ahli ini berasal dari berbagai latar belakang, termasuk OMS, lembaga pemerintah, dan media. Proses penilaian akan dipandu oleh fasilitator berpengalaman. Selain mengundang para ahli, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh tim penulis dan anggota konsorsium, yaitu Lokadaya dan Penabulu program CO-ENVOLVE 2.

Panel Expert Meeting akan berlangsung secara offline di Hotel Swissbel Kalibata. pada Rabu, 27 Maret 2024, dimulai pukul 9.00 WIB dan akan diakhiri dengan buka Bersama.

Share this article

Berita Lainnya

Related articles