Penabulu Gelar Workshop Monev Project

sugi di penabulu Manajer Program Konsil LSM Indonesia, Sugiarto A. Santoso menjadi narasumber dalam Workshop Monitoring dan Evaluasi Proyek yang diselengarakan oleh Penabulu di Jakarta pada 26-27 Mei 2015.

Setiap organisasi perlu mengukur pencapaian programnya secara periodik. Hal itu membuat organisasi memiliki daya refleksi atas capaian yang sudah berhasil dalam suatu periode. Lantas, apakah ada perbedaan antara pemantauan, evaluasi dan pelaporan?

Sesungguhnya ketiga proses tersebut berjalan seiring dengan proses pengelolaan  program atau organisasi. Dalam proses pemantauan, evaluasi dan pelaporan tersebut, penetapan dan penyepakatan indikator keberhasilan menjadi kata kuncinya. Indikator keberhasilan tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari proses perencanaan. Hanya saja, terkadang indikator capaian tersebut belum terdefinisikan dalam pernyataan yang terukur.

Workshop tersebut bertujuan agar peserta memahami prinsip, metode dan teknik pemantauan, serta evaluasi dan penyusunan laporan. Workshop diperuntukkan bagi para pimpinan organisasi, pengelola program dan personil yang memerankan fungsi pemantauan dan evaluasi.

Penabulu memang kerap mengadakan workshop-workshop yang dimaksudkan untuk penguatan kapasitas staff organisasi masyarakat sipil.      

Share this article

Berita Lainnya

Related articles