LSM Berpeluang Dapatkan Donasi Software

ngo conn
Mumin Santoso, Managing Director Rack Digital

Terkadang, faktor harga perangkat lunak (software) yang relatif tinggi menjadi kendala bagi lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia untuk mendapatkan software asli. Namun, kendala tersebut lambat laun dapat teratasi dengan adanya donasi software dari beberapa perusahaan swasta.

Salah satu peluang tersebut datang dari Microsoft Indonesia. Melalui Techsoup Asia, Microsoft memberikan peluang kepada LSM di Indonesia untuk memperoleh donasi software Office 365. Iqbal Hariadi dari Techsoup Asia mengungkapkan hal tersebut dalam NGO Connection Day 2015 di Jakarta, (11/6) lalu.

NGO Connection Day merupakan hajatan yang digelar oleh Microsoft Indonesia yang dipersembahkan untuk kalangan penggiat LSM. Tahun ini, NGO Connection Day sudah memasuki perhelatan yang ke-11. Dalam kegiatan tersebut, beberapa kalangan LSM mempresentasikan program atau studi kasus yang memanfaatkan teknologi informasi.

Dalam kesempatan NGO Connection Day 2015, Naizly Puji Siregar memaparkan tentang proyek percontohan Kampung Teknologi di DKI Jakarta,Puspita Kamil dari Mobile Force yang menjelaskan pemasaran internet untuk organisasi nonprofit serta Mumin Santoso dari Rack Digital yang menyampaikan pemanfaatan sosial media untuk kampanye isu. Sementara itu Vikra Ijas dari Kitabisa.com memaparkan penggalangan dana (fundraising) dengan mengoptimalkan teknologi informasi.

Tak ketinggalan Nurfadilah dan Norman Sasono dari Microsoft Indonesia juga menjelaskan perkembangan terkini menyangkut produk Microsoft. Nurfadilah menyampaikan keunggulan kolaborasi dengan teknologi cloud Office 365. Dengan pelbagai keunggulannya, Office 365 sangat menunjang aktifitas virtual office, seperti cloud drive 1 TB. Sementara Norman mengatakan bahwa Microsoft akan meluncurkan Windows 10 di bulan Juli 2015. Pengguna Window 8 dapat memperbaharui OS-nya sampai batas waktu satu tahun ke depan secara gratis.

Iqbal menjelaskan hanya ada 3 syarat administrasi yang harus dipenuhi LSM yang ingin mendapatkan donasi software. Ketiganya adalah akta notaris, surat pengukuhan dari Kementerian Hukum dan HAM, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

LSM yang berminat dapat mengunjungi www.techsoup.asia untuk melakukan tiga langkah pendaftaran. Pertama, buatlah username dan password, beri penjelasan tentang organisasi, konfirmasi formulir pendaftaran dan validasi email. Langkah kedua adalah konfirmasi kelayakan organisasi Anda. Setelah langkah pertama dilakukan, tunggu 3-5 hari kerja untuk menerima konfirmasi tentang status kelayakan organisasi Anda melalui email. Nah, langkah terakhir setelah organisasi mendapatkan lampu hijau adalah pemesanan software donasi secara online. Caranya, login lalu pilih produk yang dibutuhkan. Klik Checkout dan ikuti petunjuk pemesanan. ***

Share this article

Berita Lainnya

Related articles