Penerbit: | Indonesia Business Links |
Penulis: | Mulya Amri & Wicaksono Sarosa |
Penyunting: | |
Tahun Terbit: | 2008 |
Halaman/Deskripsi | xxvi + 106 hlm.; 23 cm |
ISBN: | 978-979-16055-4-0 |
Program-program yang berhasil adalah yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, dan karena masyarakat lebih mengetahui apa yang mereka butuhkan, proses penyusunan program-program tersebut harus melibatkan wakil-wakil dari masyarakat. Pelibatan ini bisa dalam berbagai bentuk manapun dengan berbagai tingkat intensitas keterlibatan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi spesifik yang dihadapi oleh program tersebut.
Keterkaitan antara jenis program atau kegiatan CSR dan jenis usaha bukan merupakan suatu hal yang mutlak. Bisa saja terdapat berbagai kegiatan CSR yang sama sekali tidak terkait dengan kegiatan usaha. Namun jika terdapat keterkaitan yang cukup erat (seperti Bogasari Baking Centers, maupun Community Fiber Farms yang didukung oleh Riau Pulp) maka semangat bahwa ‘keberlangsungan usaha juga terkait dengan keberlangsungan sosial masyarakat sekitar’ dapat membuat kegiatan CSR terkait menjadi terasa lebih penting di mata pelaku di dalam perusahaan. Meskipun demikian, harus dijaga agar kegiatan CSR tersebut tetap terlepas dari motif-motif keuntungan yang dapat mengurangi nilai sosial kegiatan CSR tersebut.*