One World Trust Gagas Perangkat Akuntabilitas

Perangkat akuntabilitas yang disusun tersebut memuat sejumlah prinsip dan praktik akuntabilitas bagi organisasi masyarakat sipil di beberapa negara. Dalam menyusun perangkat tersebut, One World Trust bekerjasama dengan Commonwealth Foundation dan beberapa organisasi masyarakat sipil di Belize, India, Uganda dan kawasan Pasifik. Organisasi lokal yang terlibat dalam proyek ini adalah Society for Education and Research (SPEAR) di Belize, Voluntary Action Network India (VANI) dari India, Development Network of Indigenous Voluntary Associations (DENIVA) asal Uganda dan the Pacific Island Association for NGOs (PIANGO) yang mewakili kawasan Pasifik.

Walaupun menyadari bahwa tidak ada obat mujarab untuk menjawab tantangan tentang akuntabilitas, namun pada dasarnya mereka meyakini bahwa akuntabilitas bisa dilakukan terhadap organisasi masyarakat sipil mulai dari nol. Meskipun banyak kesenjangan yang harus ditutupi, banyak organisasi masyarakat sipil yang telah menggunakan teknik-teknik inovatif yang membuat mereka akan bertanggung jawab kepada kelompok-kelompok mereka pengaruhi.

Perangkat ini diharapkan akan membantu meletakkan dasar atas diskusi yang tengah berlangsung dan proses belajar tentang isu-isu akuntabilitas organisasi masyarakat sipil yang pada gilirannya membuat organisasi mampu memperkuat legitimasi, kredibilitas dan efektivitas sebagai agen perubahan sosial.

Share this article

Berita Lainnya

Related articles