Konsil LSM Indonesia Kembali Gelar Rapat 6 Bulanan Bersama KPN dan Dewan Etik

Jakarta, 10 September 2023 – Setelah beberapa tahun absen akibat dampak pandemi, Konsil LSM Indonesia Kembali menggelar Rapat 6 bulanan bersama Komite Pengarah Nasional (KPN) dan Dewan Etik. Acara penting ini digelar pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu dan Minggu, 9-10 September 2023, di Sekretariat Konsil LSM Indonesia yang baru, yang terletak di Jl. Duren Tiga Barat VI No. 36, Pancoran, Jakarta Selatan.

Rapat ini menjadi yang pertama sejak awal pandemi dan juga merupakan momen bersejarah karena diadakan pada masa kepemimpinan direktur eksekutif baru Konsil LSM Indonesia, Anick HT. Selain itu, rapat ini juga dirayakan sebagai syukuran atas kepindahan kantor Konsil LSM Indonesia ke lokasi yang baru. Kegiatan ini diselenggarakan oleh sekretariat Konsil LSM Indonesia dengan tujuan untuk melaporkan dan membahas berbagai isu penting yang berkaitan dengan kondisi internal dan eksternal Konsil LSM Indonesia serta merumuskan arah masa depan yang penuh harapan.

Dalam sambutannya, Anick HT, direktur eksekutif Konsil LSM Indonesia, menyampaikan, “Kami sangat gembira bisa kembali bertemu secara langsung dengan anggota KPN dan Dewan Etik setelah mengalami berbagai kendala akibat pandemi. Rapat ini merupakan momentum penting untuk bersama-sama merencanakan strategi yang lebih solid dan mempererat kolaborasi untuk mendukung peran LSM di Indonesia.”

Rapat 6 bulanan ini mengangkat sejumlah isu strategis yang tengah dihadapi oleh LSM di Indonesia, termasuk upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana, pembahasan pedoman etika yang lebih kuat bagi LSM, serta langkah-langkah kolaboratif guna memperkuat peran LSM dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan.

Tidak hanya sebagai forum pembahasan, rapat ini juga menjadi wadah bagi anggota KPN dan Dewan Etik untuk berinteraksi, berbagi pengalaman, dan menyampaikan pandangan mereka mengenai perkembangan terkini dalam dunia LSM. Hal ini juga menjadi kesempatan untuk mengidentifikasi potensi kerja sama lebih lanjut untuk keberlanjutan Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia.

Semangat dan antusiasme sangat terasa selama berlangsungnya kegiatan ini, mengisyaratkan optimisme dan harapan besar setelah melewati masa-masa sulit yang dialami selama pandemi. Rapat 6 bulanan ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam memperkuat sinergi antara Sekretariat Konsil LSM Indonesia, KPN, dan Dewan Etik dalam mewujudkan visi dan misi Konsil LSM Indonesia.

Konsil LSM Indonesia berharap bahwa hasil dari rapat ini akan menjadi dasar yang kokoh untuk melaksanakan berbagai program dan proyek yang akan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.

Share this article

Berita Lainnya

Related articles