Penerbit: | Piramedia |
Penulis: | Herri Setiawan, dkk. |
Penyunting: | |
Tahun Terbit: | 2006 |
Halaman/Deskripsi | vii+115 hlm; illustr; 20,5 cm |
ISBN: | 979-3597-47-X |
Salah satu cara yang bisa ditempuh organisasi untuk memperoleh dana dan dukungan, khususnya untuk dukungan tetap dan jangka panjang, adalah dengan merancang membership atau keanggotaan. Membership atau keanggotaan adalah salah satu strategi penggalangan dana dari masyarakat dengan cara merekrut mereka menjadi donatur tetap, anggota lembaga atau peserta program. Keanggotaan bisa dibangun dengan menawarkan skema keanggotaan kepada para penyumbang tersebut. Skema keanggotaan ini juga bisa ditawarkan kepada masyarakat lainnya secara lebih luas dengan menggunakan berbagai metode fundraising, seperti face to face, telepon, kampanye di media, menyelenggarakan event, dan lain-lain. Strategi penggalangan dana dengan sistem keanggotaan umumnya digunakan oleh lembaga yang mempunyai basis anggota atau mengandalkan donor individual/lembaga sebagai pendukung pendanaannya.
Buku ini memaparkan teknik penggalangan dana melalui skema keanggotaan. Di dalamnya Anda akan menemukan panduan praktis dalam menyusun metode penggalangan dana melalui skema tersebut. Selain menampilkan panduan praktis, buku ini juga akan berisi tips-tips singkat dalam menyusun keanggotaan, pengalaman dari lembaga sosial lainnya dalam menerapkan strategi tersebut lewat studi kasus yang dilakukan oleh PIRAC.*